Friday, July 2, 2010

Sebuah cerita di dunia yang baru

Sempat terpikir dari awal saya mengenal blog, agar memiliki sebuah blog pribadi yang berisi atau berkonten tentang keluh kesah saya dalam menjalani kehidupan saya. Entah keluh kesah terhadap pekerjaan, kuliah, keluarga, pertemanan hingga keluh kesah yang saya buat dalam lingkungan pikiran saya sendiri atau imajinasi saya.


Sebuah blog yang awal nya saya dirikan untuk berkeluh kesah, kini menjadi blog yang berisi tentang musik dan rekaman audio yang beralamat di http://www.distorsi.net/. Blog tersebut sebenarnya saya buat dengan tujuan untuk menjadi sebuah blog pribadi yang berisikan tentang keluh kesah, pengalaman, curhat hingga cerita-cerita menarik yang ada di lingkungan saya.

Oleh karena itu, awalnya saya memberi nama domain blog tersebut dengan nama http://adalahcerita.blogspot.com. Namun karena ketertarikan akan dunia musik dan audio recording, membuat saya menjadi hilang arah. Saya terlalu "asik" untuk memposting informasi tentang musik dan tutorial-tutorial tentang audio recording sehingga membuat saya berpikir "kenapa tidak saya jadikan saja blog ini untuk berbagi informasi yang dikhususkan untuk informasi tentang musik dan audio recording".

Saya pun lalu berencana investasi untuk membeli sebuah domain untuk membuat blog saya tersebut terlihat sedikit "professional". Mulailah saya memilah-milah kata demi kata yang saya tulis di handphone saya untuk nanti di test di domain checker apa masih tersedia atau tidak.

Saya menulis kira-kira hampir 30-an kata domain yang ingin saya check dan pilihan dijatuhkan hanya untuk domain com dan net. Dari 30-an kata domain yang saya tulis, hanya tersisa dua saja yang masih tersedia yakni:
Hibernasi : com dan net
Distorsi : net

Dengan melakukan voting dengan bertanya dengan kawan-kawan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli atau menyewa domain distorsi.net.

Beberapa alasan nya adalah
Distorsi merupakan sebuah kata berbahasa indonesia yang bagi musisi ataupun sound engineering tidak akan terdengar asing di telinga.
Distorsi yang merupakan bahasa indonesia tidak sulit di hapal ejaan huruf maupun lafas nya.
Distorsi sekiranya memiliki ungkapan bahwa isi dari konten berhubungan dengan musik keras yang apabila dikaitkan akan melaju pada musik-musik indie.

Setelah itu mulailah saya mencari template yang tepat, dan akhirnya menemukannya di web site zoom template. Nama template tersebut adalah wpboxtech, pada awal nya saya mengira template tersebut dibuat template wordpress, karena ada embel-embel "wp" pada bagaian awal dari judul template tersebut. Dan benar saja, template tersebut awalnya dibuat hanya untuk template wordpress, namun syukurnya telah di bloggerisasikan oleh ....

Tak ingin terlihat "seragam" oleh pemakai template wpboxtech yang lain, saya pun lalu sedikit memodifikasi nya. Arahan modifikasi terinfluence oleh template web site MTV, begitu bagus dan kaya akan warna.

Setelah memodifikasi, lalu saya pasangkan di blog tersebut yang pada saat itu sudah memakai domain http://www.distorsi.net/. Tak ingin template yang saya modifikasi sia-sia terpakai sendiri, lalu saya meng-share nya di sub domain dari http://www.distorsi.net/ yaitu http://blog.distorsi.net/, tentu saja dengan sedikit modifikasi kembali agar tidak sama dengan template yang saya pakai. Hasil editing atau modifikasi template ini saya beri judul modern wpboxtech. Di sana juga banyak blogger template yang saya posting dari hasil karya saya mengedit-edit menggunakan software Artisteer.

Setelah berjalan beberapa lama, akhirnya saya membuat blog baru ber-engine Wordpress dengan domain Hibernasi.co.cc. Sebuah blog yang direncanakan dan dirancang untuk keperluan pribadi saya. Keperluan akan sebuah pengalir semua emosi yang tertata dalam huruf-huruf, kata-kata dan kalimat-kalimat hina yang mungkin tak berisikan sebuah informasi berguna untuk di jadikan sebuah ilmu.

Blog ini juga saya ciptakan sebagai pembelajaran atau untuk berkreasi tata pengolahan tulisan yang terdiri kata-kata dan kalimat yang mungkin belum pernah saya lakukan sebelumnya. Juga sebagai tempat pembelajaran dalam mengenal blog ber-engine Wordpress. Dengan hosting gratis dari byehost dan domain gratis dari co.cc membuat saya tidak berkecil hati untuk sekedar mencoba hal-hal baru seperti blog ber engine wordpress ini. Saya juga berencana untuk belajar menggunakan joomla saat ini, namun belum sempat terselesaikan dengan baik.

*update:
setelah berkelana mencoba-coba wordpress dan joomla, akhirnya saya memutuskan untuk mengembalikan blog ini ke engine blogspot. karena memang hosting gratis dan domain gratis membuat saya gerah. saya baru mengetahui beberapa saat yang lalu kalau ketika saya mengunjungi blog saya yang beralamat di hibernasi.co.cc, blog tersebut malah mendirect saya ke suatu web yang saya tidak mengetahui apa isi dari web tersebut. Maka dari itu saya beralih kembali ke blogspot dengan domain baru yaitu http://bonardalfin.distorsi.net/

Blog ini dirancang seadanya, tanpa memikirkan tentang SEO, Alexa Rank, Google Page Rank dan yang lain-lain. saya juga tidak berminat untuk blogwalkin mengatasnamakan blog ini, mungkin apabila blogwalking, saya akan mengatasnamakan blog utama saya yaitu www.distorsi.net. Mengapa?

Karena blog ini tercipta, hanya sebuah cerita dari rekaman hidup.



No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 Bonard Alfin's Blog. All rights reserved.