Friday, July 2, 2010

Kuliah oh kuliah oh kuliah

Tidak terasa sudah tiga tahun lama nya saya kuliah di Universitas Indonesia. Dan tidak terasa juga waktu tersebut saya sia-sia kan untuk kegiatan yang belum mempunyai hasil.

Saya di Universitas Indonesia mengambil D3 jurusan Manajemen Informasi atau yang biasa di singgat MID. Seharusnya saya lulus atau wisuda dalam waktu tiga tahun lamanya. Namun karena saya tidak fokus pada kuliah, dan malah sibuk dengan kegiatan lain, akhirnya saya harus menanggung malu karena memperpanjang masa aktif untuk mengulang mata kuliah-mata kuliah yang tidak lulus.

Sesal? Sudah pasti, yang paling menyesakkan hati itu adalah harus menanggung kekecewaan dari kedua orang tua saya. Apalagi kedua orang tua saya sudah pernah terjatuh karena kegagalan kakak saya.

Tersenyum tiga jari saat kawan-kawan lain tertawa lebar tentang hari terakhir melaksanakan kuliah di jurusan MID, FIB UI. Sambil bercanda tentang akan datangnya kembali kawan-kawan saya ke kampus bukan membuat saya merasa senang, malah menjadi terpukul oleh beban rasa malu.

Hha... Terlalu formal dan sulit di mengerti, apa sebenarnya definisi malu yang saya sebutkan diatas.  Apa malu karena harus tidak lulus bersama kawan satu angkatan, atau karena harus malu karena perbuatan bodoh saya yang menyianyiakan waktu dan materi yang terbuang begitu saja karena keegoisan memikirkan hal tidak penting di bandingkan dengan mengejar harapan di masa depan.

Entah ada apa dengan otak ini. Selalu mempunyai ide, namun tidak pernah fokus terhadap satu ide. Selalu mencari tahu pengetahuan lain tapi tidak pernah mendalami dengan sangat-sangat serius salah satu ide tersebut, apabila sudah mengerti... Ya sudah, tinggalkan... Mungkin kata-kata itu yang terpaku di otak ini.

Seharusnya satu ide, dalami, dan terus dalami. Hingga kewajiban menjadi mahasiswa pun tidak saya terlantarkan.

Yup, yang sudah terjadi, biarkan terjadi. Saat ini hanya bisa berharap 16sks yang harus saya ulangi bisa terlewati dengan mudah. Hingga nanti apabila saya harus mengambil S1 kembali, saya lulus dengan umur yang tidak terlalu... Ehm... Tua :p.


2 comments:

 
Copyright 2010 Bonard Alfin's Blog. All rights reserved.