Thursday, September 4, 2014

Yang dibutuhkan untuk merakit multicopter - Tricopter / Quadcopter / Hexacopter / Octocopter (Part 2)

Meneruskan artikel sebelumnya, Apa yang anda butuhkan untuk merakit Multicopter?

2. Flight Controller
Nah ini jantung nya multicopter, saya gk bisa jelasin secara rinci apa itu flight controller hehe...
Coba baca-baca artikel berikut ini : Baca

Merk dan jenis Flight Controller itu banyak. Saat ini saya memakai DJI Naza-M V1, kenapa? Karena gampang banget setup nya, plus sangat stabil dipakai untuk pemula. Diluar itu DJI Naza juga banyak fitur dan bisa dipasang berbagai alat optional lainnya seperti GPS / Compass, Gimball Controller, FPV, dll :)

Dari DJI itu ada beberapa, Naza-M lite, Naza-M V1, Naza-M V2, Wookong. Contoh nya seperti digambar ini

DJI NAZA-M  V2 dengan GPS

Selain itu juga ada merk lain, seperti K.K Board, APM, MultiWii, dll
Yang paling murah dan banyak dipakai itu K.K Board harganya sekitar 300ribuan kalo beli di luar kaya ebay atau goodluckbuy, kalo di local hobby shop sih bisa sampe 700 - 800an :s


Jadi harus beli yang mana? kalo punya dana lebih bisa beli DJI Naza-M Lite atau sekalian DJI Naza-M V2
Cari aja yg Combo / yang lengkap sekalian biar enak

Kalo dana terbatas dan mau ngulik bisa ambil K.K Board

3. Speed Controller / Electronic Speed Controls / ESC
Jujur saya gk bisa bahas lebih rinci, coba baca-baca artikel ini
Di artikel tersebut sudah lengkap dibahas dengan lengkap, info saja untuk multiopter cari ESC yang Simon K Firmware



Setiap motor butuh 1 unit ESC.
Jadi kalo anda mau membangun quadcopter, anda akan butuh 4 ESC. Kalo hexacopter ya butuh 6 ESC, dan seterusnya.

4. Brushless Motor 
Untuk motor banyak sekali jenis nya dan merk nya, Saat ini saya memakai DJI 2215/920Kv (memakai propeller DJI 1038, ESC 30A, dan batre 3S).

Untuk memilih motor anda harus ada mempertimbangkan juga Propeller / baling2, Batre berapa Cell, dan ESC nya.



Coba searching di google sebagai referensi memilih motor untuk keperluan anda

Udah segini dulu yah.. dilanjutin ke artikel selanjutnya ;)

Hai saya sudah tidak meneruskan artikel ini, artikel ini akan dibahas lebih lanjut di blog baru saya di http://www.diudara.com/

No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 Bonard Alfin's Blog. All rights reserved.