Saturday, August 30, 2014

Yang dibutuhkan untuk merakit multicopter - Tricopter / Quadcopter / Hexacopter / Octocopter (Part 1)

Gile, udah lama gk nulis di blog hehe..
Oke khusus buat postingan ini gue mau sedikit lebih formal yah :D

Kali ini saya mau bahas tentang Multicopter (Tricopter / Quadcopter / Hexacopter / Octocopter). Apa itu multicopter? nih contoh beberapa gambar nya ;)


Quadcopter

Hexacopter

Octocopter
Guna nya untuk apa? ya mulai dari sekedar Hobby hingga Professional Aerial Photography. Contoh untuk mengambil gambar seperti gambar di bawah ini, anda gk perlu menyewa pesawat / helicopter beneran. Cukup dengan Multicopter, pasang gimbal dan kamera ;)

Nah untuk awal adalah, apa perbedaan Tricopter / Quadcopter / Hexacopter / Octocopter?

  • Tricopter = 3 motor dan baling-baling
  • Quadcopter = 4 motor dan baling-baling
  • Hexacopter = 6 motor dan baling-baling
  • Octocopter = 8 motor dan baling-baling


Dan selain merakit, ada juga kok multicopter yang sudah jadi. Contoh nya yang biasa di pakai untuk Aerial Photography adalah DJI Phantom. Selain itu ada DJI S800, DJI S900, DJI1000. Merk lain juga ada seperti Walkera dan lain-lain

DJI Phantom 2
Bagi anda yang malas untuk bersusah payah membuat multicopter, lebih baik sih beli jadi. Tinggal belajar menerbangkannya aja jadi nya ;)
Tapi menurut saya, untuk produk jadi seperti ini terbilang mahal dibanding dengan merakit.

Oh iya, disini saya bukan expert. Saya baru main multicopter sekitar 1 bulanan. Sekarang saya pakai Hexacopter ;)

Apa yang anda butuhkan untuk merakit Multicopter?

1. Frame
Banyak sekali frame yang bisa anda pilih, dari merk dan ukuran.
Yang umum dipakai adalah produk DJI (dan clone nya)
  • DJI F450 untuk Quadcopter
  • DJI F550 untuk Hexacopter

Saat ini saya memakai frame DJI 550 (ORI) untuk Hexacopter saya, tapi udah kusam banget, saatnya untuk ganti sepertinya hehe :D

Hexacopter milik sendiri :p

Baru-baru ini saya beli frame quadcopter 450 dari ebay (masih dalam perjalanan masuk indonesia hingga artikel ini dibuat). Saya beli clone nya tapi, lebih murah hehe..
HJ450 4-Axis Frame Airframe FlameWheel Strong Smooth KK MK MWC Quadcopter E0Xc

Iseng mau bikin Quadcopter untuk dibawa jalan-jalan / traveling :D

Harga nya murah banget hanya $15,03 dan karna saya gk punya akun paypal maupun CC, jadi saya pakai jasa untuk order ke ebay nya. Charge jasanya hanya $1 perbarang. Sayang nya tidak pakai kurs BCA atau kurs dari ebay nya. Dia pakai kurs sendiri 12600 (kurs di klikbca saat saya memesan 11705). Total hingga barang sampai kerumah saya adalah Rp201.978. Masih tergolong murah dibanding dengan harga lokal Hobby Shop hehe :D

Nah selain memesan HJ450, saya juga memesan frame pengganti hexacopter milih saya yang sudah kusam. Saya ambil Clone / Mini DJI S800
HMF S550 F550 Upgrade Hexacopter Frame Kit with Landing Gear for FPV e

Harganya $65.78, sampai rumah total harga Rp841.428. Lumayan murah karna sudah ada landing gear nya ;)

Oh iya untuk pengetahuan umum aja, angka seperti 450 dan 550 itu hitungan Milimeter dari ujung ke ujung frame.

Diluar itu juga ada frame 680, 690, 800, 900, dan seterusnya. Disesuaikan dengan kebutuhan aja :D

Tips,  Untuk awal pakai Quadcopter aja dulu, murah dan untuk belajar diawal dulu ;)

Segini aja dulu, lanjut nanti ke artikel selanjutnya :D

Hai saya sudah tidak meneruskan artikel ini, artikel ini akan dibahas lebih lanjut di blog baru saya di http://www.diudara.com/
 
Copyright 2010 Bonard Alfin's Blog. All rights reserved.